NewsGpgo.inGopego MagzFans Art

Mana yang Lebih Baik, BlackBerry Z10 atau Q10?

18 Jun 2013
Mana yang Lebih Baik, BlackBerry Z10 atau Q10?

BlackBerry Z10 rilis sebagai handset BlackBerry 10 pertama yang mengusung desain full touchscreen. Tren smartphone masa kini yang mengedepankan fitur utama touchscreen pastinya menjadikan BlackBerry Z10 masuk dalam daftar yang patut dipertimbangkan untuk Anda beli. Tetapi kemudian BlackBerry Q10 rilis dengan kemampuan yang tak kalah canggih, bahkan dibanderol lebih mahal di sejumlah negara. Uniknya, Q10 tidak mengusung desain full touchscreen melainkan memadukan fungsi QWERTY keyboard yang telah bertahun-tahun menjadi andalah BlackBerry. Lalu, BlackBerry 10 handset mana yang harus Anda pilih?

1. Keyboard
Keyboard virtual di BlackBerry Z10 sangat keren. Anda bahkan bisa mengetik lebih cepat dan lebih baik dari yang Anda bayangkan. Ada fitur prediksi kata yang menjadikan mengetik lebih cepat dan ada pula auto correction untuk mengurangi tingkat kesalahan saat mengetik.

Di sisi lain BlackBerry Q10 memiliki keyboard fisik yang sangat handal. Pengguna BlackBerry pasti tidak akan meragukan keyboard fisik di semua handset BlackBerry yang dibuat semakin canggih di Q10. Tak kalah dengan keyboard virtual di Z10, keyboard fisik di Q10 juga dilengkapi fitur word suggestion dan auto correction. Tampilan fisiknyapun lebih cantik dari keyboard di BlackBerry lawas.

2. Ukuran Screen
BlackBerry Z10 menggunakan LCD display ukuran 4,2 inci (lebih besar dari iPhone 5) dengan resolusi 1280 x 768p. Tampilannya sangat jelas dan terang, bahkan masih jelas saat berada di bawah sinar matahari langsung. Warna kontras yang disajikan akan semakin membuat Anda puas dengan Z10. Bagi Anda yang hobi nonton video atau nge-game, layar besar Z10 akan mampu mengakomodasi hobi Anda tersebut.

Untuk BlackBerry Q10, handset ini memiliki touchscreen lebih kecil dengan super AMOLED 3,1 inci dan resolusi 720 x 720p. Ukurannya tentu saja lebih kecil karena space di bawah screen dipakai untuk menempatkan keyboard fisik. Yang menarik, meski screen Q10 berukuran kecil tetapi Anda tidak perlu meragukan ketajaman yang ditampilkan. Selain itu bahan AMOLED yang dipakai menjadikannya hemat baterai dibanding bahan LCD yang dipakai di Z10.

3. Baterai
Hal utama yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli sebuah smartphone adalah kemampuan baterainya. Dalam hal ini BlackBerry Q10 dilengkapi sebuah baterai yang sangat bisa diandalkan. Dilihat dari kapasitasnya, Z10 memang memiliki baterai lebih kecil dari Q10 (1800mAH vs 2100mAH), belum lagi faktor LCD di dalam Z10 yang cukup besar menguras daya baterai.

4. Aplikasi
Untuk saat ini masih ada batas antara Z10 dan Q10 dalam hal ketersediaan aplikasi yang bisa dipakai. Z10 sebagai handset BlackBerry 10 pertama mendapat dukungan sangat besar dari para developer. Di sisi lain, Q10 yang rilis belakangan harus puas di-nomor-dua-kan dalam hal dukungan aplikasi. Anda bisa menyiasatinya dengan sideload Android apps tetapi jika mau menunggu, dipastikan Q10 akan segera mendapatkan dukungan aplikasi sebanyak Z10.

Nah, dari penjelasan di atas pastinya Anda telah memiliki gambaran mengenai plus-minus BlackBerry Z10 dan Q10. Sekarang keputusan ada di tangan Anda, pilih BlackBerry Z10 ataukah Q10 ;)

Source